Cari Di sini

Digital Date Time Clock

Minggu, 18 Mei 2014

Keindahan Pantai Sawarna

Desa Sawarna adalah salah satu desa di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Indonesia. Lanskap keindahan alam terselip menghadap Samudera Hindia. Pantainya berpasir putih, berair biru jernih dan berbukit hijau nan lebat. Panjang pantainya mencapai 65 km dihiasi karang dan pasir putih. Pantai ini adalah pantai terindah dari lima pantai yang dimiliki Provinsi Banten. Sawarna nama pantainya, berada di sebuah desa pesisir yang memiliki berbagai macam objek wisata menarik untuk dikunjungi seperti pantai, sungai, hutan, panjat tebing, gua, dan agrowisata. Wilayah pesisir indah ini menyatu dengan kisah mistis Nyai Roro Kidul dan ekploitasi batu bara di Bayah dan Lebak oleh penjajah asing.



Desa Wisata Sawarna merupakan titik awal Anda menjelajah alam yang elok hingga pengalaman berinteraksi dengan masyarakat tradisionalnya yang bersahaja. Pantai Sawarna terletak di wilayah Kampung Gendol, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pantai indah ini jaraknya sekitar 150 km dari pusat kota Rangkasbitung. Berwisata di pantai ini sangat menyenangkan dan berkesan karena  alamnya masih asli juga memiliki air laut yang jernih tidak tercemar.




Di sini menanti pantainya akan menawan mata dan hati Anda. Apabila Anda yang hobi berselancar atau surfing mengapa tidak merasakan ombaknya yang spektakuler bahkan telah dicicipi peselancar dari Amerika, Australia, Jepang, dan Korea.

Jangan lupa mengunjungi sentra pembuat gula kelapa, sentra pengrajin gitar dan biola, atau makam Jean Louis Van Gought. Jean Louis Van Gogh adalah pengusaha pertama yang membuka perkebunan kelapa di sepanjang Pantai Sarwana tahun 1907. Kini, perkebunan kelapa ini dikelola PTPN. Jean Louis Van Gogh sendiri menginginkan dimakamkan di Indonesia. Makamnya sendiri baru ditemukan tahun 2000 dan keluarga Van Gogh di Belanda memastikan kebenaran  tentang makam Jean Louis Van Gogh di Sawarna tersebut.

Banyak orang mengenal Desa Sawarna dengan sebutan Pantai Sawarna. Padahal itu adalah nama sebuah desa yang berada di Kabupaten Lebak, Banten. Desa itu menawarkan segudang tempat wisata yang indah dan tak ada duanya. Saya akan membahas satu persatu tempat wisata yang terdapat di Desa Sawarna. 

1. Pantai Ciantir


Pantai Ciantir memiliki pasir putih dengan ombak sedang Namun besarnya ombak tak ada artinya dibandingkan dengan pemandangan di sekitar pantai yang masih asli ini. Di pantai ini kita bebas berenang, karena di sepanjang pantai ini tak ada karang dan murni berpasir.

2. Pantai Tanjung Layar


Tanjung Layar adalah ikon dari Pantai Sawarna berupa dua karang besar yang berhimpitan seperti layar kapal, di sekelilingnya terdiri dari karang-karang cadas dan karang yang datar seolah lantai di sebuah kapal. Tidak sempurna liburan ke Sawarna tanpa mengunjungi tempat ini.

3. Karang Teraje


Di tempat ini kita bisa melihat sunset lebih jelas. Pantai ini terdiri dari gugusan karang yang menjulang sepanjang pantai, dan menarik bagi seorang fotografer lanskap untuk dicoba.

4. Gua Lalay


Gua Lalay adalah sebuah gua yang berada di sekitar pematang sawah. Gua ini menyajikan pemandangan indah bagi meraka yang menyukai caving di gua-gua dan harus dikunjungi.

5. Gua Langir dan Gua Seribu Candi


Gua langir adalah gua yang berpintu kecil namun di dalamnya memiliki ruang yang cukup besar dengan pemandangan yang cukup indah di dalam gua. Sedangkan Gua Seribu Candi adalah gua yang berpintu kecil, namun ketika kita masuk kita disajikan sebuah pemandangan stalagmit dan stalagtit yang menjulang menyerupai candi-candi kecil.

Masih banyak tempat wisata lain di sana seperti Pantai Lagon Par, Pulau Manuk, Tapak Kabayan, Bukit Seribu Tangga dan masih banyak lagi tempat tempat wisata yang belum terjamah di sana. 

Sudah tersedia berbagai macam penginapan murah di Pantai Sawarna dari Villa, Home Stay, Cottage, Saung, Bungalow dan lainnya. Harga untuk setiap penginapan di Sawarna rata - rata hampir sama semua, yang membedakan harga hanya penginapan AC dan Penginapan non AC di Pantai Sawarna.

Penginapan - penginapan tersebut terletak tidak jauh dari bibir pantai sawarna ±200 meter sehingga dari dalam penginapan suara deburan ombak sawarna akan merdu di dengar.

Untuk yang ingin memesan penginapannya saja, anda harus reservasi minimal 3 minggu sebelum hari wisata anda, karena setiap minggunya penginapan yang ada di sawarna selalu penuh.

Berikut foto - foto penginapan yang ada di pantai sawarna :







Tertarik mengunjungi Pantai Sawarna? Ya, sayapun tertarik!:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...