Cari Di sini

Digital Date Time Clock

Selasa, 03 Juli 2012

Iblis Hitam Dari Sungai Amazon

Serrasalmus Rhombeus atau dengan nama umum Black Devil Piranha adalah salah satu jenis Piranha yang terganas dan paling besar. Serrasalmus Rhombeus berasal dari daerah aliran sungai Amazon dan sekitarnya. Mangsa utama Rhombeus antara lain adalah ikan-ikan kecil, daging, burung yang jatuh ke air, katak, ular air & bahkan Rhombeus terbukti mampu menyerang dan memakan ikan yang ukurannya hampir sama dengannya.

the Devil's eyes

Saat masih berukuran kecil, Rhombeus memiliki warna kelabu dengan bintik-bintik hitam ditubuhnya. Rhombeus memiliki warna mata yang berwarna merah menakutkan. Bahkan disaat masih bayi sekalipun, bentuk tubuh Black Devil Piranha sudah cukup menyeramkan.

Postur tubuh Rhombeus ketika dewasa akan terlihat kekar dan besar. Rahangnya lebar dan kokoh dilengkapi dengan gigi-gigi besar setajam silet yang berguna untuk menghancurkan mangsa yang berkulit keras atau agar lebih mudah merobek daging. Ukuran maksimum Rhombeus cukup besar jika dibandingkan dengan Piranha lain. Ukuran maksimalnya memiliki panjang horizontal hingga lebih dari 50 Cm dan panjang vertikal tubuhnya hingga lebih dari 25 Cm.
Rhombeus memiliki 2 jenis warna, yaitu yang berwarna hitam polos & yang berwarna hitam dengan bintik-bintik "berlian" disisiknya.
Black Rhombeus

Tidak seperti kebanyakan jenis Piranha lain, Rhombeus bersifat sangat soliter & territorial bahkan kemungkinan besar ikan ini juga memiliki sifat kanibal. Jika ada ikan, katak atau satwa apapun yang memasuki daerahnya pasti akan diserang atau dimangsa Rhombeus.
Diamond Rhombeus
Walaupun begitu ganas dan memiliki tampang yang seram, Black Devil Piranha justru sangat dicari oleh para kolektor ikan hias. Didalam tangki sangat dianjurkan agar memelihara ikan ini sendirian saja karena begitu kejamnya ikan ini hingga tak ada ikan lain yang sanggup bertahan bila dipelihara dalam satu tangki bersamanya.
Berhati-hatilah jika anda hendak membersihkan tangki yang berisi Rhombeus, pakailah sarung tangan yang tebal agar tangan anda terlindung dari serangan Rhombeus jika dia menyerang anda. Terus awasi Rhombeus anda & jangan lengah, sudah banyak orang yang terluka parah akibat serangan Rhombeus.
Untuk menjaga agar kaca tangki anda agar tetap bersih dari kotoran maupun algae, mungkin juga Rhombeus bisa dicampur dengan Pleco berukuran besar atau Keong pembersih. Namun keselamatan mereka dari serangan Rhombeus tidak bisa dijamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...